a


Breaking News

Senin, 29 Juli 2019

3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor ddg kls X


3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor ddg kls X


Job Sheet
Dasar Desain Grafis(DDG)
Kelas X RPL SMK N 2 KARANGANYAR
Tahun Pelajaran 2017/2018


Nama   : Rosita Dewi
No       : 26
NIS     : 6485


         A.    Kompetensi Dasar
3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
         B.     Indikator Percapaian Materi
·         Menguraikan desain gambar berbasis vektor.
·         Mengintegrasikan desain gambar berbasis vektor. 
         C.     Materi Pokok
·   Pembuatan gambar berbasis vektor.
1.1  Program Aplikasi Pembuat Grafis
Pada pembuatan media Informasi digital seperti halnya website, eksistensi grafis sudah menjadi suatu kebutuhan. Bahkan, sudah menjadi hal yang konvensional jika suatu website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi, baik animasi berbasis grafis maupun berbasis suara. Tidak dapat di pungkiri lagi, grafis yang menjadi tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau website. Hal tersebut menimbulkan perang urat syaraf antar produsen software, terutama perusahaan yang bergerak dalam bidang design grafis, sehingga bermunculan software-software berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih, mudah dalam pengoperasian, menarik, dan compatible.
A. Pengertian Grafis Berbasis Vektor

Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar Monitor berfungsi sebgai sumbu koordinat x dan y.
grafis jenis vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital). Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas meskipun dilakukan pembesaran (zooming).
Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan demikian , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori.
Program aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain : CorelDraw , Macromedia Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer.



       D.    Kegiatan Pembelajaran
1.    Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang desain gambar.
2.    Mengumpulkan data tentang desain gambar berbasis vektor.
3.    Mengolah data tentang desain gambar berbasis vektor.
4.    Mengomunikasikan tentang desain gambar berbasis vektor.
        E.     Soal Essay
1.      Berikan 1 contoh gambar Vektor !
2.      Sebutkan 1 kelemahan vektor !
3.      Sebutkan 2 Kelebihan Vektor !
4.      Sebutkan 3 Aplikasi pembuatan vektor !
5.      Apa yang dimaksud vektor ?

         F.      Soal Obyektif
1.   Yang bukan Manfaat Vektor adalah
A.  Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar tanpa mengubah kualitasnya
B.  Memiliki ukuran file yang kecil, sehingga lebih mudah dan lebih cepat didownload melalui Internet.
C.  Memiliki ukuran yang  besar
D.  Dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi, tentunya dengan menggunakan software yang sesuai.
E.   Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya
2.   Kehalusan gambar grafis vektor tergantung pada
A.  Fpi
B.  Applikasi
C.  Arus Listrik
D.  Monitor
E.   Output Device
3.    Program pembuat vektor adalah
A.  Free Pascal
B.  Micrografx Designer
C.  Microsoft Office Word
D.  Media Player Classic
E.   GOM Player
4. Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti logo, kartun, dan sebagainya adalah kelebihan dari
A.  Gamabar Logo
B.   Gamabar Vektor
C.   Gambar Lego
D.  Gambar Animasi
E.   Gambar Saya
5.   Aplikasi Pembuat Vektor Kecuali
A.  Macromedia Freehand
B.   Free Pascal
C.   Adobe Illustrator
D.  Micrografx Designer.
E.   CorelDraw
6.   Kekurangan gambar vektor adalah
A.  Terlihat Pecah
B.  Kasar
C.  Tidak Jelas
D.  kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realitis atau natural
E.   Applikasi Pembuatnya Sedikit
7.   Pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi
A.  Volume File
B.   Processor
C.   Monitor
D.  Motherboard
E.   Print
8.   Pemakaian Grafis Vektor Akan
A.  Memakan banyak memori Processor
B.   Memakan sedikit memori Processor
C.   Tidak memakn memoti Processor
D.  Membuat PC rusak
E.   Memperbaiki PC
9.kita dapat memperbesar atau memotong gambar tanpa mengubah kualitasnya, Adalah arti dari
A.  Scalable
B.   Zoomer
C.   Crop
D.  Rotate
E.   Print
10.   Corel Photo Paint Adalah Applikasi Pembuat Gambar
A.  Vektor
B.   Biasa
C.   Pecah Pecah
D.  Jelek
E.   Buruk

                G.    Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
1.         C
2.         E
3.         B
4.         B
5.         B
6.         D
7.         A
8.         A
9.         B
10.     A
Essay
      1.
      
2. Kekurangan gambar vektor adalah kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realitis atau natural.
3. -Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar
     -Memiliki ukuran file yang kecil, sehingga lebih mudah dan lebih cepat didownload melalui Internet.
4. CorelDraw, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator,
5. objek gambar yang menggunakan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu. Pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakai banyak memori.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates