3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor ddg kls X
Job
Sheet
Dasar
Desain Grafis(DDG)
Kelas
X RPL SMK N 2 KARANGANYAR
Tahun
Pelajaran 2017/2018
Nama : Rosita Dewi
No : 26
NIS : 6485
A.
Kompetensi Dasar
3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
B.
Indikator Percapaian Materi
·
Menguraikan
desain gambar berbasis vektor.
·
Mengintegrasikan
desain gambar berbasis vektor.
C.
Materi Pokok
· Pembuatan gambar berbasis vektor.
1.1 Program
Aplikasi Pembuat Grafis
Pada
pembuatan media Informasi digital seperti halnya website, eksistensi grafis sudah
menjadi suatu kebutuhan. Bahkan, sudah menjadi hal yang konvensional jika suatu
website hanya terdapat grafis tanpa adanya animasi, baik animasi berbasis
grafis maupun berbasis suara. Tidak dapat di pungkiri lagi, grafis yang menjadi
tolak ukur kualitas suatu program aplikasi atau website. Hal tersebut
menimbulkan perang urat syaraf antar produsen software, terutama perusahaan
yang bergerak dalam bidang design grafis, sehingga bermunculan
software-software berbasis grafis dengan fitur-fitur (fasilitas) yang canggih,
mudah dalam pengoperasian, menarik, dan compatible.
A.
Pengertian Grafis Berbasis Vektor
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar Monitor berfungsi sebgai sumbu koordinat x dan y.
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar Monitor berfungsi sebgai sumbu koordinat x dan y.
grafis
jenis vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap (digital).
Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor
karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Tampilan akan terlihat jelas
meskipun dilakukan pembesaran (zooming).
Penggunaan
titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam
bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. Dengan
demikian , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file,
tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakan banyak memori.
Program
aplikasi grafis yang berbasis vektor antara lain : CorelDraw , Macromedia
Free hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer.
D.
Kegiatan Pembelajaran
1. Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang desain gambar.
2. Mengumpulkan
data tentang desain gambar berbasis vektor.
3. Mengolah data
tentang desain gambar berbasis vektor.
4. Mengomunikasikan
tentang desain gambar berbasis vektor.
E.
Soal Essay
1. Berikan
1 contoh gambar Vektor !
2. Sebutkan
1 kelemahan vektor !
3. Sebutkan
2 Kelebihan Vektor !
4. Sebutkan
3 Aplikasi pembuatan vektor !
5. Apa
yang dimaksud vektor ?
F.
Soal Obyektif
1. Yang bukan Manfaat Vektor adalah
A. Bersifat
scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil gambar tanpa
mengubah kualitasnya
B. Memiliki
ukuran file yang kecil, sehingga lebih mudah dan lebih cepat didownload melalui
Internet.
C. Memiliki
ukuran yang besar
D. Dapat
diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi, tentunya dengan menggunakan
software yang sesuai.
E. Mempunyai
warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana, seperti
logo, kartun, dan sebagainya
2. Kehalusan gambar grafis vektor tergantung pada
A. Fpi
B. Applikasi
C. Arus
Listrik
D. Monitor
E. Output
Device
3. Program pembuat vektor adalah
A. Free
Pascal
B. Micrografx Designer
C. Microsoft
Office Word
D. Media
Player Classic
E. GOM
Player
4.
Mempunyai warna-warna yang solid, cocok untuk bentuk-bentuk gambar sederhana,
seperti logo, kartun, dan sebagainya adalah kelebihan dari
A. Gamabar
Logo
B. Gamabar
Vektor
C. Gambar
Lego
D. Gambar
Animasi
E. Gambar
Saya
5. Aplikasi Pembuat Vektor Kecuali
A. Macromedia Freehand
B. Free
Pascal
C. Adobe Illustrator
D. Micrografx Designer.
E. CorelDraw
6. Kekurangan gambar vektor adalah
A. Terlihat
Pecah
B. Kasar
C. Tidak
Jelas
D. kurang
dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realitis atau natural
E. Applikasi
Pembuatnya Sedikit
7. Pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi
A. Volume
File
B. Processor
C. Monitor
D. Motherboard
E. Print
8. Pemakaian Grafis Vektor Akan
A. Memakan
banyak memori Processor
B. Memakan
sedikit memori Processor
C. Tidak
memakn memoti Processor
D. Membuat
PC rusak
E. Memperbaiki
PC
9.kita
dapat memperbesar atau memotong gambar tanpa mengubah kualitasnya, Adalah arti dari
A. Scalable
B. Zoomer
C. Crop
D. Rotate
E. Print
10. Corel Photo Paint Adalah Applikasi Pembuat
Gambar
A. Vektor
B. Biasa
C. Pecah
Pecah
D. Jelek
E. Buruk
G.
Kunci Jawaban
Pilihan
Ganda
1.
C
2.
E
3.
B
4.
B
5.
B
6.
D
7.
A
8.
A
9.
B
10. A
Essay
1.

2.
Kekurangan gambar vektor adalah kurang dapat menampilkan gambar dan gradasi
secara realitis atau natural.
3.
-Bersifat scalable, artinya kita dapat memperbesar atau memperkecil
gambar
-Memiliki ukuran file yang kecil, sehingga
lebih mudah dan lebih cepat didownload melalui Internet.
4. CorelDraw, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator,
5. objek gambar yang menggunakan titik-titik koordinat
dan rumus-rumus tertentu. Pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi
volume file, tetapi dari segi pemakaian prosessor akan memakai banyak memori.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar