a


Breaking News

Minggu, 28 Juli 2019

KD 3.8 Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa pkk kls XI


KD 3.8  Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa pkk kls XI


A.    KOMPETENSI DASAR
    KD 3.8  Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

B.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa
C.     MATERI POKOK
       Tahapan pembuatan protoype
Pada dasarnya, cara membuat prototype terbagi menjadi tiga pengulangan utama, desain, engineering, dan produksi. Cara menyelesaikannya juga sederhana, Anda tinggal menyelesaikan jenis pengulangan tertentu sebelum berpindah ke jenis pengulangan berikutnya. Namun bersiap-siaplah untuk bekerja keras. Namanya saja pengulangan, biasanya, satu jenis pengulangan membutuhkan berkali-kali usaha untuk menyelesaikannya. Pengembangan produk teknologi yang sederhana biasanya membutuhkan 3-6 bulan. Untuk produk rumah tangga atau bahkan produk teknologi yang lebih sulit, bisa sampai 9-15 bulan. Agar lebih mudah dipahami, kita akan menggunakan contoh kasus pembuatan prototype Studentpreneur dulu. 
Pengulangan Desain
Pengusaha muda biasanya menghabiskan banyak waktunya untuk berpikir bahwa produk mereka bisa menyelesaikan sebuah masalah tanpa pernah mengetesnya di pelanggan yang asli. Dalam fase pengulangan desain, Anda harus menuliskan bentuk, fungsionalitas, dan cara pembuatan produk Anda. Kemudian, buatlah desain awal bentuk produk Anda, bisa dengan sketching biasa sampai membuat bentuk 3D nya di komputer. Kemudian, tiap bertemu orang, tunjukkan desain tersebut dan tanyakan pendapat mereka tentang produk Anda. Ulangi terus sampai kebanyakan orang merasa puas dan produk Anda layak dipasarkan.
Pengulangan Engineering
Fase pengulangan engineering hanya dilakukan ketika Anda merasa telah berhasil menyelesaikan fase pengulangan desain. Semua input yang didapatkan dalam fase pengulangan desain akan menjadi dasar pengembangan produk. Fase engineering intinya adalah bagaimana cara membuat produk Anda telah bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Produk yang sudah jadi langsung diteskan pada calon pelanggan, dan berdasarkan feedback dari calon pelanggan, kembali ke fase pengulangan engineering ini. Cobalah tanyakan seberapa jauh calon pelanggan bisa menerima produk Anda. Tujuan akhir dari fase ini adalah membuat prototype versi beta.
Dalam kasus Studentpreneur, setelah kami yakin dengan rubrik dan jenis desain apa yang dicintai calon pelanggan, kami mulai membuat versi digitalnya. Kami mengirimkan versi digital alpha ke email pelanggan yang juga membantu kami dalam fase desain. Semua feedback dari mereka kami catat, dan kami ubah versi alpha ini berkali-kali sampai kami yakin ini telah menjadi versi beta yang cukup kuat. Untuk website, prosesnya juga hampir sama.
Pengulangan Produksi
Setelah versi beta berhasil dibuat, kita harus menghadapi sebuah fase kunci yang sering membedakan ide bagus dengan produk bagus. Fase pengulangan produksi mengharuskan kita untuk menemukan vendor yang bisa membantu, merangkai semua bagian, sampai menyelesaikan urusan yang berhubungan dengan legalitas. Fase ini biasanya membutuhkan antara 2-6 bulan. Contoh pada Studentpreneur, kami harus menemukan perusahaan printing yang bisa mencetak majalah kami, menemukan rekanan agen distribusi, sampai menjalin relasi dengan berbagai toko buku. Sedikit saja kesalahan dalam fase ini akan membawa perusahaan Anda ke posisi yang buruk.
Kelebihan Metode Prototyping

Kelebihan metode prototyping yang paling utama adalah merupakan salah satu jenis metode pengembangan sistem yang sifatnya sangat cepat dan dapat menghemat waktu. Berbeda dengan pengembangan sistem menggunakan metode waterfall yang membutuhkan banyak biaya dan memakan waktu. Maka bagi user yang membutuhkan sebuah sistem dalam jangka waktu yang sangat singkat, bisa mengandalkan metode pengembangan sistem prototyping ini.Selain itu, metode prototyping juga memilki beberapa kelebihan lainnya, seperti :
1.   Dapat menjalin komunikasi yang baik antar user dan pengembang sistem
2.   Setiap perbaikan yang dilakukan pada prototype merupakan hasil masukan dari user yang akan menggunakan sistem tersebut, sehingga lebih reliabel
3.   User akan memberikan masukan terhadap sistem sesuai dengan kemauannya
4.   Menghemat waktu dalam mengembangkan sebuah sistem
5.   Menghemat biaya, terutama pada bagian analisa, karena hanya mencatat poin – point penting saja
6.   Cocok digunakan pada sebuah sistem kecil, yang digunakan pada ruang lingkup tertentu, seperti sistem di dalam sebuah kantor
7.   Penerapan dari sistem yang menjadi lebih mudah untuk dilakukan.
Kelemahan dari Metode Prototyping
  Beberapa kelemahan dan juga kekurangan dari metode prototyping antara lain:
1. Untuk menghemat waktu, biasanya pengembang hanya menggunakan bahasa pemrograman sederhana, yang mungkin rentan dari segi keamanannya
2. Tidak cocok untuk diimplementasikan pada sebuah sistem yang sangat besar dan global, seperti sistem operasi komputer.
3. Proses kerja pembuatan prototype.

       Cara Membuat Prototype Produk Anda
Jika Anda membaca ini, Anda mungkin sudah memiliki ide untuk produk. Ini mungkin sebuah sketsa sederhana di belakang serbet, 3D render, atau bahkan sepenuhnya fleshed bukti dari konsep.Langkah Anda selanjutnya adalah untuk mengubah gambaran kasar ini menjadi prototipe fungsional. Kami akan berbagi proses untuk membuat prototipe Anda sendiri di bawah ini:
1. Membuat diagram rinci atau sketsa
 Langkah pertama dalam menciptakan prototipe adalah untuk menciptakan sebuah konsep sketsa rinci atau diagram. Tujuan Anda harus menangkap ide sebanyak mungkin dengan cara visual yang.Idealnya, Anda harus memiliki dua sketsa konsep:
Ø  Sebuah sketsa desain yang menunjukkan bagaimana produk mungkin muncul setelah selesai
Ø  Sebuah sketsa teknis yang menunjukkan dimensi produk, bahan, dan bekerja.
2. Membuat model 3D (optional)
   Selanjutnya (optional) Langkah ini untuk mentransfer sketsa konsep Anda ke perangkat lunak pemodelan 3D. Ini akan membantu Anda (dan setiap pihak ketiga seperti investor atau mitra) memvisualisasikan produk yang lebih baik. Anda juga dapat menggunakan model ini untuk membuat salinan cetak 3D prototipe Anda.
3. Buat “bukti dari konsep”
       Sekarang tiba bagian menyenangkan: benar-benar membangun ide produk.
Bagaimana Anda membangun bukti pertama Anda dari konsep akan tergantung pada sejumlah hal. Jika Anda memiliki produk sederhana yang Anda sudah dimodelkan dalam perangkat lunak 3D, Anda hanya bisa mendapatkannya 3D dicetak untuk menciptakan “bukti dari konsep” Anda.
Namun, jika Anda memiliki produk yang kompleks dengan sejumlah bagian mekanik atau elektronik, Anda harus berimprovisasi lebih keras.

4. Buat prototipe pertama Anda
     Bukti dari konsep menunjukkan bahwa produk Anda bekerja. Model 3D Anda menunjukkan apa yang mungkin terlihat seperti.
Langkah Anda selanjutnya adalah untuk menggabungkan pelajaran dari bukti konsep dan model 3D untuk membuat prototipe pertama Anda.
Ini harus menjadi model yang cukup rinci yang terlihat seperti produk akhir Anda dan memiliki fungsi yang sama.
Itu tidak selalu mungkin untuk menciptakan detail pertama prototipe ini saja.
5. Membuat prototipe produksi-siap
       Langkah terakhir sebelum Anda sampai ke manufaktur adalah untuk memangkas lemak dari prototipe pertama Anda dan mendapatkannya untuk negara produksi-siap.Ini pada dasarnya adalah proses biaya dan kelayakan analisis. Anda harus pergi melalui setiap bagian dari prototipe dan mencari cara untuk memotong biaya tanpa mengorbankan fungsionalitas.Pada waktu yang sama, Anda harus melihat cara untuk meningkatkan estetika produk atau daya tahan.

Tips untuk Ikuti Ketika Membuat Prototype Produk Anda
     Prototyping ide dari awal dapat menjadi kompleks, terutama untuk pembuat pertama kali. Berikut tips ini akan membuat proses lebih halus:
1. Membuat daftar fitur prioritas
     Itu tak terelakkan bahwa produk akhir Anda tidak akan memiliki semua fitur yang Anda membayangkan di ide asli Anda. Biaya dan bahan kendala berarti bahwa Anda harus mengurangi beberapa fitur yang mahal.
2. Masuk ndas dan paten berkas
      Anda pasti akan beralih ke desainer prototipe, masinis, 3D modeler, dll. dalam rangka mengembangkan prototipe Anda.Jika ide Anda adalah inovatif, segera Anda dapat menemukan seseorang menjualnya pada AliExpress untuk harga jauh lebih rendah. Untuk melindungi diri Anda dari pencurian kekayaan intelektual, Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut:
1. Mengajukan paten untuk ide produk dan desain.
2. Meminta semua pihak ketiga untuk menandatangani perjanjian non-disclosure (NDAs).
3. Menjaga biaya dalam pikiran ketika merancang
Salah satu tantangan terbesar dalam menciptakan prototipe adalah menyeimbangkan utilitas dan biaya. Anda ingin produk untuk memenuhi fungsi yang dijanjikan, tetapi Anda juga ingin menjualnya dengan harga yang wajar. Produk yang luar biasa bahwa pelanggan Anda tidak mampu membayar biaya pasti akan gagal.

4. Gunakan teknik manufaktur standar
   Alasan lain untuk biaya overruns antara prototipe untuk produk akhir adalah penggunaan teknik manufaktur kustom.Pada dasarnya, setiap pabrik yang membangun produk Anda akan menggunakan beberapa proses manufaktur standar industri (seperti “injeksi”). Jika produk Anda tidak dapat diproduksi menggunakan mereka, pabrik harus membuat teknik disesuaikan dan melatih staf untuk menggunakannya.Hal ini dapat menambah secara substansial terhadap biaya produksi, terutama jika Anda manufaktur dalam batch kecil.
5. Meminjam ide dari pesaing
    Membongkar produk pesaing Anda dapat memberikan pemahaman rinci tentang apa yang bekerja, apa yang tidak ketika membuat suatu produk. Ini bisa menjadi bantuan besar dalam merancang ide Anda sendiri.

D.    SOAL OBJEKTIF
1.      sebuah metode yang digunakan untuk mengembangkan sebuah sistem yang menggunakan prototype, merupakan pengertian dari
A.    Metode prototype
B.     Pengulangan desain
C.     Pengulangan engeneering
D.    Penggulangan produk
E.     Semua salah
2.      Dibawah ini yang tidak merupakan tahapan prototype adalah
A.    Metode prorotype
B.     Pengulangan desain
C.     Pengulangan engeneering
D.    Pengulangan produk
E.     Salah semua
3.      merupakan salah satu jenis metode pengembangan sistem yang sifatnya sangat cepat dan dapat menghemat waktu, merupakan kelebihan dari
A.    Metode fungsionalitas
B.     Metode prototype
C.     Pengulangan desain
D.    Pengulangan engeneering
E.     Pengulangan produk
4.      Dibawah ini yang merupakan kelebihan metode prototype adalah
A.    pengembang hanya menggunakan bahasa pemrograman sederhana
B.     Tidak cocok untuk diimplementasikan
C.    Menghemat waktu dalam mengembangkan sebuah sistem
D.    Proses kerja pembuatan prototype.
E.     Semua benar
5.      Dibawah ini yang merupakan kekurangan metode prototype adalah
A.    Menghemat waktu dalam pengembangan dalam sebuah sistem
B.     Penerapan dari sistem yang menjadi lebih mudah untuk dilakukan.
C.     Hemat biaya
D.    pengembang hanya menggunakan bahasa pemrograman sederhana
E.     Salah semua 
6.      Menunjukkan bagaimana produk mungkin muncul setelah selesai merupakan pengertian dari
A.    Desain
B.     Sketsa teknik
C.     Metode prototype
D.    Engeneering
E.     Sketsa desain
7.      Menunjukkan dimensi produk, bahan, dan bekerja merupakan pengertian dari
A.    Desain
B.     Sketsa teknis
C.     Metode prototype
D.    Engeneering
E.     Sketsa desain
8.      Selanjutnya (optional) Langkah ini untuk mentransfer sketsa konsep Anda ke perangkat lunak pemodelan 3D merupakan pembuatan dari
A.    Sketsa
B.     Model 3D
C.     Bukti dari konsep
D.    Prototype pertama
E.     Prototype produksi-siap
9.      Untuk mengubah gambaran kasar ini menjadi prototipe fungsional merupakan pembuatan dari
A.    Sketsa
B.     Model 3D
C.     Bukti dari konsep
D.    Prototype pertama
E.     Prototype produksi-siap
10.  Membongkar produk pesaing Anda dapat memberikan pemahaman rinci tentang apa yang bekerja, apa yang tidak ketika membuat suatu produk merupakan penertian dari
A.    Membuat daftar fitur prioritas
B.     Masuk ndas dan paten berkas
C.     Menjaga biaya dalam pikiran ketika merancang
D.    Gunakan teknik manufaktur standar
E.     Meminjam ide dari pesaing

E.     SOAL ESSAY
1.   Jelaskan pengertian pengulangan desain
Dalam fase pengulangan desain, Anda harus menuliskan bentuk, fungsionalitas, dan cara pembuatan produk Anda.
2.      Jelaskan pengertian pengulangan engeneering
Fase pengulangan engineering hanya dilakukan ketika Anda merasa telah berhasil menyelesaikan fase pengulangan desain. Semua input yang didapatkan dalam fase pengulangan desain akan menjadi dasar pengembangan produk. Fase engineering intinya adalah bagaimana cara membuat produk Anda telah bekerja sesuai dengan yang diinginkan
3.   Jelaskan pengertian pengulangan produk
Fase pengulangan produksi mengharuskan kita untuk menemukan vendor yang bisa membantu, merangkai semua bagian, sampai menyelesaikan urusan yang berhubungan dengan legalitas
4.      Sebutkan kelebihan metode prototype
Ø  Dapat menjalin komunikasi yang baik antar user dan pengembang sistem
Ø  Setiap perbaikan yang dilakukan pada prototype merupakan hasil masukan dari user yang akan menggunakan sistem tersebut, sehingga lebih reliabel
Ø  User akan memberikan masukan terhadap sistem sesuai dengan kemauannya
Ø  Menghemat waktu dalam mengembangkan sebuah sistem
Ø  Menghemat biaya, terutama pada bagian analisa, karena hanya mencatat poin – point penting saja
Ø  Cocok digunakan pada sebuah sistem kecil, yang digunakan pada ruang lingkup tertentu, seperti sistem di dalam sebuah kantor.
Ø  Penerapan dari sistem yang menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

5.   Sebutkan kelemahan metode prototype
Ø  Untuk menghemat waktu, biasanya pengembang hanya menggunakan bahasa pemrograman sederhana, yang mungkin rentan dari segi keamanannya
Ø  Tidak cocok untuk diimplementasikan pada sebuah sistem yang sangat besar dan global, seperti sistem operasi komputer.
Ø  Proses kerja pembuatan prototype.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Published.. Blogger Templates